Tuesday, June 24, 2008

Cara Memberikan Tablet/Kapsul untuk Anak


Anak-anak sering kali sulit menelan obat-obatan dalam bentuk tablet atau kapsul, sedangkan obat yang beredar paling banyak berada dalam kedua bentuk tersebut dan belum tentu tersedia dalam bentuk sirup/cairan. Untuk mengatasi hal tersebut dapat digunakan beberapa cara berikut yang mungkin berguna:

  1. Ajak anak untuk memikirkan hal selain minum obat yang menyenangkan, sehingga kerongkongan juga lebih mudah dalam menelan tablet/kapsul. Berikan pengertian kepada anak bahwa kapsul tidak terasa pahit. Letakan tablet atau kapsul ke bagian lidah yg lebih dalam lalu segera minum air putih hangat untuk menghilangkan rasa kurang menyenangkan yang mungkin tersisa.
  2. Makanlah obat bersamaan dengan buah-buahan atau makanan lain yang cukup lunak dan disukai anak, misalnya pisang atau roti. Bisa juga dilakukandengan mencampur obat dengan sirup atau madu agar tak terasa pahit. Namun perlu diperhatikan interaksi obat dan makanan yang mungkin terjadi. Untuk itu, baca terlebih dahulu brosur informasi obat yang akan dikonsumsi atau konsultasikan kepada dokter jika obat diberikan melalui resep dokter.
  3. Gerus tablet dalam sendok atau keluarkan isi kapsul dari cangkangnya, lalu berikan sedikit air untuk mempermudah anak dalam menelan obat. Setelah itu, minum air yang banyak agar sisa obat yang tidak larut yang tertinggal dalam dinding mulut dapat tertelen juga. Namun cara ini tidak diperbolehkan untuk obat jenis lepas lambat (extended release, controlled release, sustained release, dsb) karena adanya kemungkinan terjadinya toksisitas obat. Untuk itu, tanyakan terlebih dahulu mengenai obat yang akan dikonsumsi pada apotek tempat pembelian obat.
  4. Sebaiknya jangan larutkan obat dengan air di gelas, karena ada kemungkinan obat yang tidak larut mengendap dan tak terminum oleh anak.
  5. Tutup lubang hidung anak saat minum obat, agar bau dan rasa obat yang kurang menyenangkan tidak terlalu terasa.
(dari berbagai sumber)

1 comment:

Anonymous said...

anin postingannya tentang anak mulu nih.. kayaknya bakalan punya anak nih dalam waktu dekat?hakhakhak.. ngarang.